Pojok Baca Nahdliyin

POJOK BACA NAHDLIYIN

pojok baca nahdliyin
Pojok Baca Nahdliyin adalah perpustakaan yang didirikan oleh Nahdliyin yang ingin melestarikan,membudayakan,mengekalkan pemahaman keagamaan sesuai dengan khazanah pemikiran Ulama Nahdlotul Ulama dengan cara menyediakan berbagai macam buku-buku bacaan yang berlandaskan pada Ahlussunnah Wal Jama'ah.

Pendirian Pojok Baca sederhana ini di peruntukkan bagi siapapun yang ingin menambah ilmu.Wa bil Khushush bagi pemuda dan pemudi Nahdliyin.
Selain itu,Pojok Baca Nahdliyin juga menjadi sebuah washilah untuk menyebarkan pemikiran,wacana,metode berfikir dan pemahaman Keislaman yg Hanif atau lurus,toleran,beradab sekaligus Berbudaya.

Nama "Pojok Baca Nahdliyin" dipilih sebagai Nama perpustakaan sederhana yang Insya Alloh akan berdiri di seluruh wilayah Indonesia ini,karena memang pendirinya berasal dari kalangan Nahdliyin dan diperuntukkan untuk warga Nahdliyin pada khususnya,dan untuk siapapun yang ingin mengenal dan memahami Nahdlotul Ulama lebih dalam lagi.

Buku-buku bacaan yang tersedia di perpustakaan mini tersebut,berasal dari beberapa donatur (bukan berupa uang) yang ikhlas menyumbangkan buku yang tidak dimanfaatkan untuk menambah koleksi Pojok Baca Nahdliyin.Beberapa donatur kebetulan juga berasal dari beberapa pengurus di PBNU (Pengurus Besar Nahdlotul Ulama).salah satunya adalah ketua umum PBNU,Romo KH.SA'ID AGIL SIRADJ.

Mengenai Konsep berdirinya Pojok Baca relatif bebas.bebas dalam artian siapupun bisa mendirikan Pojok Baca ini tanpa melihat status sosial mereka.dari sisi lokasipun tidak ada batasan,dimanapun bebas di dirikan Pojok Baca ini.karena harapan kedepan,perpustakaan sejenis akan berdiri diseluruh Indonesia.

TUJUAN BERDIRINYA POJOK BACA NAHDLIYIN



Bermula dari keresahan dan kegelisahan kami melihat makin menguatnya sikap dan sifat intoleran dan radikal dengan mengatas-namakan agama.resah dan gelisah karena sikap semcam itu kian mudah menjangkiti kalangan pemuda dan pemudi di Indonesia,khususnya pemuda-pemudi Nahdlatul Ulama kultural.

Dengan mendirikan Pojok Baca Nahdliyin ini,kami berharap setidaknya bisa sedikit membendung arus penyebaran faham-faham berpemikiran keras yang cenderung radikal tersebut,dengan memberi sedikit referensi buku bacaan mengenai Islam secara haqiqi.Sehingga pemahaman tentang Islam tidak hanya sebatas pada sampulnya semata.

Karena menurut kami,Islam jelas tidak mengajarkan hal seperti itu.Islam adalah sebuah agama yg penuh kedamaian dan menjunjung tinggi sikap tasammuh atau toleransi.saat ini yg bisa menunjukkan sikap dan pola beragama yg dilandasi semangat Tasammuh,tawassuth,tawazzun dan I'tidal adalah Nahdlotul Ulama.
Pendirian pojok baca ini adalah sebagai washilah penyebaran faham,ajaran dan metode Beragama ala NU via Buku....Insya Allah !!

SUMBER DANA PENDIRIAN POJOK BACA NAHDLIYIN



Bagi kami,semangat melebihi apapun ! Ketika di hati telah tertanam Ruhul Jihad maka Insya Allah halangan apapun akan terasa ringan semata,Kami meyakini.Sehingga masalah dana bagi kami bukan kendala yang perlu dirisaukan.Dana pengadaan buku murni dari kami. Dari PBNU ?? Insya Allah tidak.kalaupun ada,itu bukan berupa uang,hanya beberapa buku saja.

Berdirinya Pojok Baca ini,juga menjadi salah satu realisasi dari Semangat Mencintai Rasulullah Muhammad SAW,panutan kami.dengan harapan,keberadaan Pojok Baca Nahdliyin mudah-mudahan bisa menjadi media untuk memperkenalkan warisan Nabi yang utama,Berislam dan Beriman dengan keluhuran akhlaq ! Shollu ala Nabi...

Untuk saat ini sudah ada beberapa lokasi Pojok Baca Nahdliyin yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.dimana saja lokasi tersebut?silahkan Anda lihat disini ➡ Daftar Lokasi Pojok Baca Nahdliyin.

Dan Insya Allah, kelak pojok baca ini akan menjadi pusat dari gerakan penguatan Semangat Berdikari secara ekonomi yang diawali dari Rumah Pemikiran ala kami... ! BI'IDZNILLAH...

Share this:

Tidak ada komentar


Follow Us On Facebook
×